Ciri ciri kanker payudara stadium 2 haruslah diketahui agar penyakit ini bisa dideteksi sejak dini. Bahkan, akan lebih baik lagi apabila kita menyadari ciri-ciri kanker payudara yang masih dalam stadium 1. Ini agar penyakit kanker payudara bisa disembuhkan secara total dan penderitanya dapat beraktivitas secara normal seperti sediakala. Ciri kanker payudara yang umum ditemukan serta menjadi penanda dari penyakit ini ialah munculnya benjolan pada payudara serta pembengkakan pada ketiak. Walau sebagian besar benjolan yang terjadi bukan karena kanker, namun kita wajib waspada apabila menemukan benjolan ini pada area sekitar payudara.

 

Selain munculnya benjolan, ciri-ciri kanker payudara yang lain di antaranya adalah perubahan bentuk pada puting, keluarnya cairan selain ASI dari puting serta seringkali disertai darah, penebalan pada kulit di area sekitar payudara, rasa nyeri dan kulit payudara yang berwarna kemerahan. Selain ciri ciri kanker payudara stadium 2 di atas, faktor yang menyebabkan kanker juga harus kita tahu. Faktor utama dari tumbuhnya kanker payudara belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada faktor-faktor tertentu yang menjadikan seseorang lebih rentan terkena kanker payudara dibanding orang lain. Di antaranya adalah faktor usia. Resiko kanker akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kanker payudara sendiri rentan diderita wanita yang telah berusia di atas 50 tahun dan telah melalui masa menopause.

 

Selain karena faktor usia, hal lain yang diduga menjadi penyebab penyakit kanker payudara ialah resiko paparan radiasi. Orang yang sering terpapar radiasi sebagai akibat dari prosedur medis tertentu seperti radiasi rontgen atau CT scan, akan memiliki kemungkinan lebih besar dalam menderita kanker payudara. Selain itu, ada lagi resiko paparan estrogen. Sebagai contoh adalah wanita yang melahirkan pada usia lanjut, maka paparan estrogen tidak akan terhalang oleh kehamilan. Pengaruh dari terapi penggantian hormon juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kanker. Demikian adalah ciri ciri kanker payudara stadium 2 serta faktor apa saja yang dapat meningkatkan resikonya.