Banyak kalangan ibu yang baru memiliki anak pertama yang bertanya-tanya tentang cara memperbanyak asi bagi ibu menyusui. Banyak sekali para ibu yang mengeluhkan bahwa asi mereka tidak keluar ketika memasuki usia bayi 7 bulan. Padahal menurut standar kesehatan seorang bayi harus diberikan asi eksklusif sampai dengan usia 2 tahun, hal ini menjadikan para ibu berbondong-bondong mencari bagaimana cara memperbanyak asi bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Banyak sekali factor yang dapat menyebabkan produksi asi terhenti saat bayi belum memasuki usia 2 tahun seperti bekerja, seorang ibu menyusui yang bekerja maka produksi asinya akan cepat berkurang dibandingkan seorang ibu menyusui yang tidak bekerja hal tersebut dikarenakan factor hormonal dan stress. Semakin tingkat stress seorang ibu menyusui tinggi maka, semakin cepet pula asi dalam tubuhnya mongering. Bahkan ada beberapa ibu yang sudah sama sekali tidak memproduksi asi.

Perlu anda ketahui bahwa untuk meningkatkan atau mempertahankan produksi asi dalam tubuh ada beberapa cara memperbanyak asi bagi ibu menyusui yang sangat mudah dilakukan, seperti dilansir dari umihilma.com berikut ini:

1.    Memakai pompa

Anda dapat memakai pompa khusus asi jika merasa produksi asi anda sudah mulai berkurang atau tidak seperti biasanya waktu yang pas untuk melakukan pompa asi ini adalah pada saat pagi hari.

2.   Meminum suplemen peningkat ASI

Disamping ruting melakukan pompa asi, anda juga dapat mengkonsumsi suplemen khusus untuk meningkatkan produksi asi, suplemen seperti ini dapat anda temukan dengan mudah di berbagai apotek dengan harga yang terjangkau, suplemen ini juga aman dan tidak memiliki efek samping pada bayi.

3.    Memijat payudara

Pijatan yang sesuai pada payudara ibu menyusui ternyata dapat meningkatkan produksi asi, lakukan pemijatan payudara secara rutin minimal dua kali dalam seminggu. Anda juga dapat melakukan pemijatan ini di rumah.

Ketiga tips sekaligus menjadi cara memperbanyak asi bagi ibu menyusui seperti di atas sangat efektif dan mudah dilakukan kunci utamanya adalah ketekunan dan jangan berputus asa, lakukan tips tersebut secara rutin dan sesuai dengan petunjuk dokter terutama dokter kandungan agar lebih maksimal.